Selain sebagai makhluk individu, manusia juga diciptakan
sebagai makhluk sosial. Artinya manusia tidak dapat hidup tanpa adanya
bantuan dari manusia lainnya. Untuk itulah maka tercipta istilah kerja
sama, di mana hal itu dilakukan karena adanya faktor saling membutuhkan
antara satu dan lainnya. Dalam sistem kerjasama tersebut bisa dilakukan
oleh dua orang atau lebih, dan masing-masing dari mereka tentunya
memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Sehingga dengan
adanya kerja sama tersebut diharapkan anggota satu dan yang lainnya bisa
saling melengkapi, sehingga pada akhirnya tujuan yang semula hendak
dicapai bisa terwujud dengan mudah.
Setiap anggota dalam kelompok kerjasama tersebut memegang peranan dan
fungsi masing-masing, dengan begitu maka akan dapat dilihat dengan
jelas bagaimanakah struktur dari kerjasama tersebut, yang pada akhirnya
hal itu akan mengarah pada terbentuknya organisasi. Jika demikian, apa
sajakah manfaat yang bisa didapatkan dari suatu organisasi? Ada baiknya
jika kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari organisasi itu
sendiri. Secara umum, organisasi bisa dikatakan sebagai sekelompok orang
(dua orang atau lebih) yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan
tertentu. Organisasi juga bisa dikatakan sebagai suatu kerjasama antara
dua orang atau lebih yang di dalamnya terdapat struktur pembagian kerja
serta struktur tata hubungan kerja bagi setiap anggotanya dalam mencapai
suatu tujuan tertentu.
Secara sederhana, organisasi merupakan suatu wadah guna menampung
aspirasi, pikiran, serta pendapat dari para anggotanya untuk mencapai
tujuan bersama. Adapun beberapa manfaat organisasi yang bisa diperoleh
dari suatu organisasi di antaranya adalah :
- Dapat mencapai tujuan yang diharapkan bersama dengan lebih efisien
Terbentuknya suatu organisasi tentu memiliki suatu tujuan yang
berkaitan dengan hajat para anggota yang ingin hendak dicapai. Dan salah
satu manfaat yang bisa didapatkan dari berorganisasi adalah bisa
tercapainya tujuan tersebut dengan lebih mudah. Mengapa demikian? Karena
seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa dalam sebuah organisasi
terdapat struktur pembagian kerja serta struktur tata hubungan kerja
bagi setiap anggotanya, sehingga meskipun masing-masing anggota
memiliki peran sendiri-sendiri akan tetapi satu dengan lainnya saling
berkaitan, sehingga proses penyelesaian untuk mencapai tujuan tersebut
bisa lebih cepat dan mudah.
- Permasalahan dapat teratasi dengan mudah
Dalam suatu kehidupan, khususnya kehidupan berorganisasi, timbulnya
permasalahan merupakan hal yang sudah biasa terjadi. Hal itu disebabkan
karena masing-masing anggota memiliki karakter dan pendapat yang
berbeda-beda. Dan tentu saja dalam kehidupan organisasi, masalah yang
timbul tidak hanya dibebankan atau diputuskan oleh salah satu anggota
saja, akan tetapi seluruh anggota harus ikut aktif dalam memecahkan
permasalahan yang timbul tersebut agar tidak memberikan dampak akibat konflik sosial yang terjadi di dalam masyarakat.
Dengan demikian, maka para anggota akan terlatih tentang bagaimana
bersikap serta menyikapi setiap permasalahan yang timbul dalam kehidupan
masyarakat.
- Timbulnya semangat kerjasama
Mau tidak mau setiap anggota organisasi dituntut untuk ikut serta
dalam setiap hal yang berkaitan dengan organisasi tersebut. Dan dalam
setiap hal yang berkaitan dengan orang banyak tentu tidak dapat
dibebankan hanya pada satu orang saja, tetapi dibutuhkan kerjasama dari
anggota lainnya. Dengan demikian, setiap anggota akan terpacu
semangatnya untuk saling bekerja sama agar tujuan yang hendak mereka
capai bisa terwujud.
- Mengembangkan kemampuan public speaking
Bagi sebagian orang, memiliki kemampuan dan keberanian untuk
berbicara di depan umum merupakan hal yang tidak mudah, butuh waktu yang
lama untuk melatih dirinya dapat memiliki kemampuan tersebut.
Organisasi merupakan suatu wadah yang tepat bagi seseorang untuk dapat
melatih dan mengembangkan kemampuan serta keberanian seseorang terkait
public speaking, seperti menyampaikan pendapat, berpidato, dan lain
sebagainya.
- Melatih jiwa kepemimpinan
Ada ungkapan yang menyatakan bahwa “Setiap orang dari kamu adalah
pemimpin dan kamu bertanggung jawab terhadap kepemimpinan.” Maksud dari
pernyataan tersebut adalah bahwa setiap orang pasti akan menjadi seorang
pemimpin, baik itu bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain.
Organisasi merupakan suatu wadah di mana jiwa kepemimpinan dalam diri
kita bisa terasah, yaitu dengan mengedepankan kepentingan umum dibanding
kepentingan pribadi. Selain itu, dalam suatu organisasi seseorang
diajarkan bagaimanakah cara mengambil keputusan yang bijak dengan tidak
merugikan pihak manapun.
- Dapat melatih seseorang untuk berinteraksi dengan berbagai karakter yang berbeda
Suatu organisasi tentu terdiri lebih dari satu orang, di mana orang
yang satu dan yang lainnya memiliki sifat dan karakter yang
berbeda-beda. Hal ini akan membantu melatih seseorang untuk dapat
berinteraksi dengan orang yang lainnya tanpa membeda-bedakan satu dan
lainnya.
- Memperluas wawasan dan pengetahuan seseorang
Kegiatan seminar, lokakarya, pelatihan, maupun kegiatan-kegiatan lain
merupakan salah satu agenda yang ada dalam suatu organisasi seiring
berjalannya pengaruh globalisasi.
Dengan adanya kegiatan-kegiatan tersebut nantinya akan dapat membantu
menambah wawasan,pengetahuan, serta kompetensi yang dimiliki setiap
orang yang bergabung di dalam organisasi tersebut.
- Dapat memperluas pergaulan seseorang
Dalam suatu organisasi terdapat keterkaitan di antara anggota yang
satu dengan anggota lainnya. Ini adalah sebagai akibat dari interaksi
dan kerjasama yang terjadi di antara sesama anggota organisasi tersebut.
Dengan demikian maka hubungan pertemanan seseorang akan menjadi lebih
luas.
- Dapat menunjukkan jati diri dan kepribadian seseorang
Pada umumnya, seseorang yang aktif dalam berorganisasi, khususnya
bagi para remaja akan dapat menemukan jati diri serta kepribadian
mereka, yaitu dari lingkungan dan pergaulan dari komunitas atau
organisasi yang mereka bentuk.
- Dapat membentuk Emotional Intelegent Quotien (EQ)
Selain kepribadian, keberadaan lingkungan dalam organisasi yang
dibentuk akan mampu mempengaruhi perkembangan emosi seseorang, di mana
lingkungan yang baik akan mampu menciptakan kondisi emosi yang baik
pula. Dengan EQ yang baik, maka seseorang akan dapat bergaul dan
menghadapi orang-orang dengan tipikal yang berbeda-beda.
- Dapat membantu seseorang untuk bisa membagi waktunya
Berbagai ungkapan telah menunjukkan pentingnya waktu bagi kita,
seperti ungkapan yang menyatakan bahwa waktu adalah uang, atau juga
pepatah yang mengatakan bahwa orang yang sukses adalah mereka yang mau
menghargai waktu. Oleh karena itu, akan sangat penting bagi kita untuk
memanfaatkan waktu yang kita punya dengan sebaik-baiknya. Organisasi
adalah pilihan yang tepat bagi kita untuk belajar menghargai waktu dan
mengatur setiap jadwal kegiatan kita.
- Dapat membantu seseorang untuk bisa lebih bertanggung jawab
Seseorang yang aktif dalam organisasi akan dapat menumbuhkan rasa
tanggung jawab di dalam dirinya. Hal ini dikarenakan adanya struktur
yang jelas yang mengatur fungsi serta tugas masing-masing anggota
organisasi tersebut sesuai dengan kedudukannya. Itulah yang menjadi
salah satu alasan mengapa keberadaan suatu organisai harus terus
ditumbuh kembangkan.
- Dapat menumbuhkan disiplin dan etos kerja bagi seseorang
Hal lain yang bisa diperoleh seseorang dari berorganisasi adalah
peningkatan disiplin serta etos kerja di dalam dirinya. Hal tersebut
secara tidak langsung akan mampu membentuk softskill dalam diri
seseorang. Dengan kemampuan tersebut akan banyak hal yang bisa dilakukan
olehnya seperti memiliki kemampuan dalam menyampaikan ide, bernegosiasi
dengan baik, memiliki kemampuan untu merubah suatu halmenjadi lebih
baik, dan masih banyak lagi.
- Dapat menumbuhkan sifat percaya diri seseorang
Memiliki rasa percaya diri adalah salah satu hal yang dibutuhkan
dalam pergaulan seseorang, dan organisasi merupakan wadah yang tepat
untuk mendapatkan hal itu. Dalam organisasi, seseorang dilatih untuk
dapat menyampaikan ide-ide, diberikan kepercayaan untuk melakukan
tugas-tugas tertentu, dan lain sebagainya. Secara tidak langsung hal itu
akan dapat menumbuhkan sikap percaya diri dalam diri orang tersebut.
- Dapat melatih seseorang untuk lebih kuat dalam menghadapi tekanan
Dalam kehidupan di era modern ini, seseorang dituntut untuk bisa
lebih kuat dalam menghadapi segala masalah maupun tekanan yang datang
dari berbagai pihak. Keberadaan organisasi dapat melatih jiwa seseorang
agar menjadi lebih kuat, adanya perbedaan pendapat di antara sesama
anggota organisasi tersebut dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang
terjadi merupakan salah satu cambuk yang nantinya akan membuat para
anggota organisasi tersebut menjadi lebih kuat dalam menghadapi tekanan.
0 komentar:
Posting Komentar